ITDC dan Jasaraharja Putera Teken MoU Dalam Rangka Melindungi Ekosistem Pariwisata di Kawasan

 ITDC dan Jasaraharja Putera Teken MoU Dalam Rangka Melindungi Ekosistem Pariwisata di Kawasan

Penandatanganan MoU antara ITDC dengan Jasaraharja Putera, Jumat 20 September 2024.

MANGUPURA – baliprawara.com

PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) secara resmi melakukan penandatanganan MOU dengan pihak PT. Jasaraharja Putera, terkait kerjasama Perlindungan Asuransi Umum di kawasan yang dikelola. Bertempat di Merusaka, Nusa Dua, Jumat 20 September 2024, penandatanganan  MOU ini, dilakukan langsung Direktur Utama ITDC, Ari Respati dengan Direktur Utama Jasaraharja Putera, Abdul Haris. 

Adapun kerjasama yang dilakukan, berkaitan dengan asuransi umum untuk melindungi ekosistem pariwisata di kawasan yang dikelola oleh ITDC. Tidak hanya kawasan yang ada di Nusa Dua, namun juga di Mandalika, dan di Labuan Bajo. 

Ditemui usai penandatanganan MoU, Direktur Utama ITDC, Ari Respati, mengatakan kalau keselamatan, kenyamanan dari para wisatawan di kawasan yang dikelola ITDC, menjadi sangat penting. Tidak hanya kawasan di Nusa Dua, namun juga di Mandalika dan di Labuan Bajo.

Hal itu kata dia menjadi penting, mengingat di tiga kawasan yang dikelola ITDC, juga banyak aktivitas. “Kami yakin Jasaraharja Putera  bisa memberikan komitmen yang menandai pelayanan terbaik untuk wisatawan. Apalagi Nusa Dua menjadi kawasan yang sudah berusia lebih dari 50 tahun. Bahkan saat ini, okupansi di Nusa Dua sudah lebih tinggi dari tahun 2018-2019, yang sudah mencapai lebih dari 80 persen,” kata Ari memaparkan.

Dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisata dan terus naiknya tingkat hunian atau okupansi hotel, tentu pihaknya memandang perlu melakukan proteksi aset-aset yang dimiliki. Apalagi kebiasaan dari wisatawan saat ini juga sudah berubah jika dibandingkan seperti yang datang 10-15 tahun lalu. “Yang mana semakin ke sini, masalah keselamatan dan kenyamanan, tentunya menjadi prioritas kami,” tegasnya.

See also  Bulan Suci Ramadan, Polsek Bangli Monitor Kesediaan Minyak Goreng

Ia menekankan kalau saat ini, yang terpenting adalah pemahaman terhadap MoU yang harus disamakan terlebih dahulu. Sedangkan, untuk teknis kerjasama dengan Jasaraharja Putera, nanti akan didetailkan lagi. Apa saja yang akan dikerjasamakan, apakah itu Asetnya, Event-event nya, mengingat banyak sekali event yang biasanya digelar di dalam kawasan.

Sementara itu, Direktur Utama Jasaraharja Putera, Abdul Haris, menyampaikan kalau Jasaraharja Putera merupakan asuransi umum yang banyak produk bisa dikerjasamakan dengan ITDC. Salah satunya adalah terkait ekosistem pariwisata, dalam rangka juga mendukung program pemerintah, bagi para wisatawan berkaitan keselamatan,  aman, nyaman melalui asuransi.

Untuk jenis asuransi yang akan dikerjasamakan sebagai langkah awal adalah, menyasar event-event, untuk pengunjung atau wisatawan ke kawasna ITDC. Terkait kerjasama dengan ITDC, sebenarnya sudah dilakukan di tempat lain. Namun kerjasama dengan ITDC mulai dibuatkan payungnya, agar berbagai hal bisa dikerjasamakan terkait ekosistem pariwisata. Baik itu Eventnya, Orangnya, maupuan aset-aset yang ada di ITDC. “Kerjasama ini menyangkut orang, kawasan, itu yang kita lakukan, termasuk eventnya,” ucapnya. (MBP)

 

redaksi

Related post