Logistik Pilkada 2024 Telah Tiba, KPU Badung Rakit 1.534 Kotak Suara

 Logistik Pilkada 2024 Telah Tiba, KPU Badung Rakit 1.534 Kotak Suara

Agung Rio Swandisara, saat mengecek kondisi kotak suara usai dirakit, Senin 30 September 2024.

MANGUPURA – baliprawara.com

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 yang akan digelar pada 27 November 2024, berbagai persiapan telah dilakukan. Saat ini KPU Badung telah menerima logistik untuk pemilihan kepala daerah 2024 di kabupaten Badung berupa kotak suara.

Menurut Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Badung, Agung Rio Swandisara, ada total 1.534 kotak suara sudah dilakukan perakitan. Sebanyak 1.522 untuk kebutuhan di TPS, dan sebanyak 12 kotak suara untuk kotak rekap di tingkat kecamatan.

Untuk perakitan sudah dilakukan sejak Minggu 29 September 2024, dan sudah rampung seluruhnya Senin 30 September siang. Setelah semua rampung dirakit, saat ini dilakukan penataan kembali, agar kotak suara tidak rusak karena lembab. Untuk itu, semua kotak suara ini ditata dan diletakkan di atas palet untuk mengantisipasi kerusakan akibat kelembaban lantai.

Untuk semua kebutuhan logistik, pihaknya akan melakukan perakitan, sortir lipat, di GOR Basket Sading, Mengwi, sampai nanti pengiriman ke TPS. “Jadi semua proses penyiapan logistik akan dilakukan di GOR Basket Sading,” ucapnya, saat ditemui, Senin 30 September 2024.

Kemudian setelah kembali dari TPS ke kecamatan, dari kecamatan ke Kabupaten, semua logistik akan diterima di gudang logistik KPU Badung di jalan Gatsu Barat.

Selama proses kegiatan penyiapan logistik, juga mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Untuk personel pengamanan, dibantu dari polres Badung untuk di gudang logistik Sading, dan dari Polresta Denpasar untuk di gudang logistik Gatsu Barat.

See also  Pelipatan Surat Suara di Badung, KPU Temukan Beberapa Kerusakan

Termasuk setiap proses dipastikan tepat jumlah,tepat desain, dan kebutuhannya sesuai dengan apa yang ditentukan dalam peraturan perundang undangan melalui PKPU yang dikeluarkan oleh KPU RI.

Untuk tenaga pelipatan logistik kotak suara yang dilibatkan, sebanyak 10 orang. Jumlah petugas nanti akan ditambah saat melakukan pelipatan surat suara, untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Badung.

Untuk surat suara dimaksud, saat ini pihaknya masih menunggu dari penyedia. Mengingat sehari sebelumnya, pihajnta sudah melakukan aproval surat suara bersama pasangan calon. “Dan Senin ini sudah dilakukan generate dan dimasukkan ke aplikasi serta telah dilakukan kontrak dengan penyedia di Jakarta, untuk segera dilakukan pencetakan,” bebernya. (MBP)

 

redaksi

Related post