Alumni Fakultas Teknik Arsitektur Undwi Serahkan Maket Pura Taman Ayun

 Alumni Fakultas Teknik Arsitektur Undwi Serahkan Maket Pura Taman Ayun

MANGUPURA – baliprawara.com

Sebagai bentuk pengabdian profesi, berupa pengabdian masyarakat, Alumni Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Dwijendra (Undwi) yang tergabung dalam organisasinya Mahakawi memvisualisasikan keberadaan Pura Taman Ayun melalui media maket prototipe. Maket yang selesai dikerjakan selama 4 bulan ini, akhirnya diserahkan, Sabtu (7/3/2020).

Penyerahan miniatur Pura Taman Ayun ini dilakukan oleh Rektor Universitas Dwijendra didampingi Ketua yayasan Dwijendra kepada Penglingsir Puri Ageng Mengwi yang juga disaksikan pengelola objek wisata Taman Ayun, Ketua alumni univ Dwijendra ( IKA Undwi), Dekan dan dosen fak teknik arsitektur univ Dwijendra, BEM fak teknik arsitektur univ Dwijendra, Para alumni fak Teknik Arsitektur Dwijendra.

Ketua alumni, Ir. IB Riana didampingi Wakil Ketua Mahakawi, IB Alita ST., mengatakan, maket ini selain sebagi bentuk pelesatarian nilai-nilai arsitektur tradisional Bali, juga sebagi media edukasi. Karena, melalui maket ini, akan memberikan edukasi terkait keberadaan Pura Taman Ayun secara keseluruhan. “Ini merupakan sumbangsih dari alumni untuk media edukasi dan bentuk pelestarian nilai-nilai arsitektur tradisional Bali,” katanya saat ditemui dilokasi Pura.

Sementara, Rektor Universitas Dwijendra, Dr Ir Gede Sedana MSc MMA., menyebut, ini merupakan kegiatan yang sangat mulia. Karena kata dia, Undwi meiliki visi menjunjung tinggi nilai-nilai budaya, sastra agama Hindu Bali. Kegiatan pengabdian ini kata dia, merupkana bagian yadnya dari Universitas Dwijendra.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus mendorong untuk melakukan hal serupa, tidak hanya di kawasna Mengwi, namun juga di tempat tempat lain. Sehingga, Universitas Dwijendra terutama Fakultas Teknik bisa memberikan sumbangan ilmu pengetahuan untuk masyarakat. “Universitas Dwijendra kedepan terutama di Fakultas Tenik ini, akan menjadi pusat pembelajaran arsitektur tradisional Bali,” harapnya.

See also  Himanika Fisip Unud Berbagi Kebaikan di Bulan Suci Ramadhan

Pengelingsir Puri Ageng Mengwi,  Anak Agung Gde Agung merasa mendapat kehormatan atas kunjungan alumni Fakultas Teknik Arsitektur Undwi. Kunjugan ini selain menjadi silaturahmi, juga memberikan manfaat dan informasi terkait keberadaan Pura Taman Ayun yang masuk sebagai warisan dunia secara arsitekturnya. Pihaknya menyampaikan apresiasi setingi-tingginya kepada alumni Universitas Dwijendra atas sumbangsihnya. “Ini tentu sangat bermanfaat,” katanya. (praw1)

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *