Bangkitkan Seni Prembon, Ketua DPRD Badung Dorong Widya Sabha Gelar Kegiatan Rutin

 Bangkitkan Seni Prembon, Ketua DPRD Badung Dorong Widya Sabha Gelar Kegiatan Rutin

Ketua DPRD Badung Putu Parwata menerima audiensi Widya Sabha Badung, Senin 20 November 2023.

MANGUPURA – baliprawara.com

Semangat dari Widya Sabha Kabupaten Badung, dalam mengabadikan seni dan budaya, terutama untuk membangkitkan kembali seni lampau seperti Prembon, mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Badung, Putu Parwata. Hal itupun diungkapkan saat audiensi Widya Sabha Badung ke Ketua DPRD Badung, Senin 20 November 2023. 

Untuk mendukung upaya membangkitkan seni lampau ini, Putu Parwata menyarankan kepada Widya Sabha agar menyiapkan kalender rutin terkait kegiatan seni budaya dimaksud. Dari audiensi tersebut, terungkap bahwa, sudah ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan Widya Sabha Badung. Pihaknya pun mendorong agar hal itu bisa menjadi kegiatan rutin. 

“Ada beberapa hal yang disampaikan kegiatan yang menjadi kegiatan rutin yang harus kami dorong bersama pemerintah. Hal yang sifatnya seni yang langka, sudah bisa digerakkan kembali oleh Widya Sabha,” ujar Parwata. 

Menurutnya, pagelaran seni yang akan dimunculkan adalah tradisi seni masa lampau. Seperti Prembon dan lainnya, yang akan dikenbangkan dengan seniman nusantara. 

Parwata meminta agar membuat kegiatan yang menjadi kalender rutin kegiatan seni budaya di Kabupaten Badung. Misalnya setahun tiga sampai empat kali. “Sehingga orang luar atau seniman yang dari luar berkunjung sudah melihat sudah ada event tetap misalnya Maret, Juni Agustus, November atau Desember,” ungkapnya. 

Selain itu, pihaknya juga bakal memberikan support melalui penataan wantilan DPRD Badung. Wantilan yang berada di sebelah gedung DPRD ini akan diubah menjadi panggung terbuka. Sehingga menjadi wadah untuk berkarya dan tempat terampil bagi seniman. 

Pengerjaannya dirancang pada APBD Perubahan 2024. “Ini karena banyaknya peminat Seni. Kami akan minta sekretariat dewan untuk melakukan renovasi persiapan panggung untuk pentas budaya,” jelasnya. 

See also  Badung Gelar Peningkatan Pemahaman, Pengetahuan, Kompetensi SDM Koperasi

Lebih lanjut ia menambahkan, panggung terbuka juga akan dilengkapi sound system, Lighting, kursi, dan sarana lainnya yang memadai. Seluruh upaya ini disebutkan untuk mendukung pengembangan seni dan budaya. 

“Itulah yang kami berikan masukan, supaya perencanaannya lebih matang lagi. Sehingga tidak ada lagi tidak ada uang pembinaan, tidak ada dana untuk pengembangan seni. Karena semua dengan perencanaan yang baik,” tegasnya. (MBP)

 

redaksi

Related post