Di RS PTN Unud, Tren Pasien Sembuh Lebih Tinggi Dari Pasien Positif Baru

 Di RS PTN Unud, Tren Pasien Sembuh Lebih Tinggi Dari Pasien Positif Baru

DENPASAR – baliprawara.com

Hingga Senin (4/ 5), RS PTN Unud sudah merawat pasien Covid-19 sebanyak 113 orang. Dimana 78 orang diantaranya positif dan sisanya PDP. Dari 78 pasien positif tersebut, 50 orang telah dinyatakan sembuh dan tidak ada kasus meninggal.

Menurut Direktur RS PTN Unud, Dr. dr DPG Purwa Samatra, Sp.S(K)., dalam sepekan terakhir, tren pasien yang sembuh lebih tinggi dari pasien positif baru. Yakni sebesar 38 pasien dengan penambahan kasus baru sebesar 12 orang. Hal ini menurutnya, tidak lepas dari support berbagai kalangan. Diantaranya, Pemda Provinsi Bali melalui Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Rektor Universitas Udayana, Dekan FK Unud serta masyarakat Bali yang sudah memberikan berbagai donasi. “Untuk itu kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya dan semoga pandemi ini segera berakhir”, ucapnya. 

Sebelumnya, RS Unud juga sudah mendapatkan bantuan hibah alat kesehatan dari Pemda Kabupaten Badung untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

RS Unud juga sedang mempersiapkan fasilitas penunjang diagnostik PCR (Polymerase Chain Reaction) yang akan dioperasikan dalam waktu dekat. PCR  adalah pemeriksaan laboratorium yang paling akurat untuk mengetahui apakah seseorang menderita Covid-19 atau tidak. 

PCR kata dia mampu mendeteksi material genetik dari sel, bakteri atau virus, dan dalam hal ini PCR dapat mendeteksi virus SARS-C0V-2 yang lebih sering disebut virus Corona. Prosedur ini diawali dengan pengambilan swab dari hidung atau tenggorokan. “Di Bali sendiri, tes PCR baru bisa dilakukan di RSUP Sanglah Denpasar. Dengan penambahan fasilitas ini, diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah diagnostik  Covid-19 di Bali,” ujarnya. (MBP1)

See also  Jembatan Suralaga - Ganter (Yeh Sungi) Diresmikan 

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *