Ini Yang Dilakukan STPBI dengan Dinas Pariwisata Denpasar

 Ini Yang Dilakukan STPBI dengan Dinas Pariwisata Denpasar

Denpasar – baliprawara.com
Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI) bersama dengan Dinas Pariwisata Denpasar, melakukan penandatanganan MOU dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dibidang Pariwisata, Senin (27/1/2020) di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA). Dengan kerjasama ini, diharapkan terjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

Bagi STPBI, dengan kerjasma seperti ini, mahasiswa bisa melakukan pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan untuk Dinas Pariwisata, dengan adanya fasilita seperti gedung DNA, kedepan diharapkan bisa mengembangan terkait pariwisata.

See also  Ajang Kreativitas Akbar 2023, PSSKM FK Unud gelar Jalan Sehat

Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI), I Made Sudjana, SE., M.M., CHT, CHA., mengatakan, kerjasama pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan merupakan progran Tri Dharma Perguruan Tinggi selain Pengajaran di Kampus dan  penelitian. Pengabdian kepada masyarakat kata dia merupakan Dharma ke tiga, yang mana kerjasama kali ini dilakukan bersama pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pariwisata kota Denpasar.

“Salah satu yang kali ini konsen dilakukan adalah kebersihan, yaitu pembersihan sesuai dengan taraf internaisional. Pembersihan dilakukan sesuai apa yang diberikan di kampus yang memang sudah kualifikasi Internasional,” pungkasnya.

Harapannya dengan kerjasama ini kata Sudjan, kedepan diharapkan kerjasama seperti ini bisa berlanjut dengan kerjasma pengabdian masyarakat yang lain, termasuk juga dalam bidang penelitian. “Jadi banyak sekali hal bidang penelitian yang bisa dilakukan, salah satunya terkait dengan pengembangan pariwisata di Denpasar. Kita juga harapkan mahasiswa bisa memiliki wawasan yang betul betul terkait dengan pengembangan pariwisata kedepan,” harapnya.

See also  BPU Unud Dampingi Pembentukan Unit Bisnis FKP Unud

Kepala unit penelitian STPBI
Drs. I Wayan Pantiyasa, MM., menambahkan, program pengabdian kepada masyarakat, merupakan bagian dari core bisnis STPBI. Untuk kegiatan kali ini, peserta yang berpartisipasi merupakan mahasiswa yang menekuni program House Keeping. Diungkapkannya, pengabdian kepada masyarakat, khusus untuk STPBI telah memenangkan hibah di desa Plaga. Yakni program kemitraan atau pendampingan desa mitra. Selain itu juga memenangkan dua hibah nasional. Yaitu program desa mitra PPDM. “Mudah-mudahan pengabdian ini bisa bermanfaat khususnya bagi dinas Pariwisata,” harapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Ir. M. A. Dezire Mulyani, M.Si., menyampaikan, terkait kerjasama dengan STPBI, pihaknya berharap bidang-bidang yang dikerjasamakan bisa berkembang. Selain itu mahasiswa di STPBI bisa memanfaatkan keberadan gedung DNA untuk pembelajaran. Terkait kerjasama ini STPBI juga memberikan masukan untuk dinas pariwisata. “Kerjasama saat ini yang dilakukan dalam bidang diklat. Disini dijadikan tempat pelatihan untuk mahasiawa. Yang mana salah satu jurusan yang ada di STPBI diharapkan bisa memanfaatkan keberadan gedung ini untuk tempat praktek,” terangnya. (praw1)

See also  Hasil PMDSU Memuaskan Kemendikbud Ristek

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *