Gandeng ACBK, Kantor Imigrasi Ngurah Rai Gelar Pameran Seni Lukis

 Gandeng ACBK, Kantor Imigrasi Ngurah Rai Gelar Pameran Seni Lukis

Mangupura – baliprawara.com

Dalam rangka hari bakti Imigrasi ke 70, kantor imigrasi kelas I khusus TPI Ngurah Rai, Senin (27/1/2020) menggelar pameran seni lukis dengan menggandeng Art Community Bunga Karang (ACBK) Bali. Mengambil tema, Unity in Diversity, pameran yang diikuti sebanyak 20 seniman ini akan berlangsung dari tanggal 27 Januari sampai 4 Februari 2020.

Menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Sutrisno, pelaksanaan pameran ini sesuai amanah dari uu no 6 tahun 2011 tentang keimigrasian. Salah satunya, pameran lukisan ini untuk membangkitkan ekonomi kreatif. Karena dalam hal ini, Imigrasi sebagai fasilitator pembangunan Nasional. “Ini merupakan pendorong supaya perekonomian kreatif dapat tumbuh dengan baik,” ucapnya ditemui usai membuka pameran.

Seperti yang pernah terjadi, banyak karya seni lukis yang sering bermasalah karena saling klaim. Untuk itu, pihaknya menyarakan kepada seniman lukis untuk mendaftarkan karya lukisannya ke kanwilkumham. “Karena ini merupakan hak cipta, agar tidak dipalsukan oleh orang lain,” ucapnya.

Dikatakannya, untuk mendaftarkan hak cipta bisa dilakukan secara online. Selain karya seni lukis kata Sutrisno, karya apapun bisa didaftarkan. Menurutnya, Bali memiliki karya seni yang paling banyak dibandingkan daerah lain. Namun kata dia, masih banyak masyarakat yang enggan untuk mendaftarkan Hak Ciptanya.

See also  Presiden Jokowi Bersama Ibu Iriana, Kenakan Pakaian Adat Bali Saat Jamuan Makan Malam G20

Pihaknya kembali menyarankan supaya masyarakat mendaftarkan karyanya. Agar, hak cipta bisa melekat kepada pemilik. “Bali memiliki paling banyak, seperti budaya, seni, hasil kekayaan bumi. Contoh, saat ini kopi Bali sudah meiliki sertifikat,” harapnya.

Pembukaam pameran ini selain dihadiri oara seniman dari sejumlah daerah, juga diihadiri Konsulat dari negara-negara sahabat. (praw1)

See also  Belasan Ribu APD Sudah Didistribusikan Pemprov Bali ke Semua RS Rujukan

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *