Kapolda Bawa Ribuan Liter Arak ke Unud, Ada Apa?

 Kapolda Bawa Ribuan Liter Arak ke Unud, Ada Apa?

MANGUPURA – baliprawara.com

Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 di Unud Prof Ida Bagus Wyasa Putra, Senin (30/3), menyampaikan, Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus R. Golose ingin Polda Bali dan Unud mengambil peran aktif dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. Terutama, dalam hubungan situasi sosial serta kesadaran masyarakat terkait Covid-19. 

Kapolda Bali, kata dia, berkunjung ke Unud dengan membawa arak sebanyak 3.516 liter. Bukan untuk diminum, namun Kapolda mengharapkan ribuan liter arak ini bisa didestilasi menjadi alkohol yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan sanitizer. 

Untuk sementara, kata dia, di samping nantinya akan digunakan di lingkungan Polda dan kantor kepolisian lainnya, alkohol hasil destilasi ini juga akan didistribusikan ke banjar-banjar. “Ini juga untuk menunjukkan kepada masyarakat, bahwa di Bali juga memiliki bahan baku yang bisa diolah menjadi disinfektan,” katanya. 

Senin ini sudah dilakukan penyulingan dan Selasa besok sudah bisa didistribusikan alkoholnya. Terkait arak yang tadi dikumpulkan itu, memang tidak sama kadar alkoholnya. Harus ada intervensi dengan beberapa zat kimia untuk meningkatkan kadar alkoholnya. “Kapolda Bali meminta laboratorium di Unud digunakan maksimal untuk memproduksi alkohol ini,” katanya.

Sebelumnya, Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus R. Golose bersama jajaran bertemu Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi di gedung Rektorat Kampus Unud, Jimbaran. Turut hadir mendampingi Rektor, Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Informasi, Dekan FMIPA dan Wakil Dekan serta Koorprodi Farmasi. Pertemuan ini dalam rangka membahas kerja sama antara Polda Bali dengan Unud untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 serta menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di tengah pandemi.

See also  Ketua AMSI Bali Ajak Mahasiswa Manfaatkan Media Massa Sebagai Wadah Penyaluran Aspirasi

Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah kerja sama dalam pembuatan disinfektan bagi masyarakat. Polda akan mendukung dari segi bahan baku dan tim Unud diminta menyusun formula sesuai dengan standar ilmiah, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. (praw1)

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *