Petugas Bandara Diminta Siap Siaga Sambut Belasan PMI Yang Belum Kembali

 Petugas Bandara Diminta Siap Siaga Sambut Belasan PMI Yang Belum Kembali

MANGUPURA – baliprawara.com

Dengan masih banyaknya jumlah PMI yang belum kembali, pihak Bandara Ngurah Rai diharapkan tidak sampai kekurangan alat rapid test dan alat pelindung diri (APD) untuk menyambut kedatangan mereka. Mengingat sebanyak 11 ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI) belum terkonfirmasi kedatangannya. 

“Kami minta agar petugas selalu siap siaga dengan kedatangan PMI yang hingga hari ini baru sekitar 11 ribu yang datang via bandara dan sisanya masih ada sekitar 11 ribu lagi yang belum terkonfirmasi kedatangan,” kata Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali DR IGA Diah Werdhi Srikandi, W.S, SE., MM., seusai kunjungan kerja terkait pelaksanaan PM Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (5/5).

Diah Werdhi berpesan kepada petugas agar selalu menjaga komunikasi dan koordinasi dengan Satgas Provinsi terkait kendala di lapangan. “Petugas juga harus selalu menjaga kesehatan, terapkan social/physical distancing. Astungkara Covid-19 segera berlalu,” pintanya.

Lebih jauh ia mengingatkan agar pengawasan di tingkat kabupaten/kota harus benar-benar intens. Mulai dari rapid test dari bandara hingga jalannya karantina di kabupaten/kota. Ketika hasil dinyatakan positif dapat langsung dikarantina di Provinsi. Jika negatif dikarantina di kabupaten/kota. “Setelah lepas dari karantina kabupaten/kota, mereka akan pulang ke rumah, saat di rumah inilah perlu dikontrol oleh desa,” ujarnya.

Menurutnya, desa adat yang telah membentuk Satgas Covid-19 juga melakukan pengawasan setelah PMI selesai dikarantina di kabupaten/kota. Sehingga isolasi mandiri selama 14 hari itu benar-benar dilakukan dan aman. Selain PMI harus jujur dan terbuka, dirinya pun mengimbau agar PMI menghindari kontak dengan orang lain demi keamanan bersama, dan segera periksakan diri ketika terasa ada gejala-gejala. “Kita khawatirkannya kan yang OTG,” tambahnya. 

See also  Bandara Ngurah Rai, Terima Dukungan Kursi Tunggu dari Kemenparekraf

Komisi III DPRD Provinsi Bali dalam kunjungan kerja tersebut mengapresiasi kinerja petugas Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai terkait penerapan alur dan protap untuk kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bali. Kunjungan kerja tersebut dihadiri oleh dr. Sudarsana dan dr. Putu Berlin dari tenaga medis, Otoritas Bandara Puguh Lukito, Danlanud Kolonel Penerbangan Radar Sueharsono, Polsek Kawasan Bandara Kanit Intel Iptu Chairil Rachmadan, serta pihak terkait lainnya. Pengecekan dilakukan mulai dari protap, alur, mekanisme kedatangan PMI di bandara hingga kinerja antara petugas. “Soal (kinerja) di bandara sudah sangat baik,” nilainya. (MBP11)

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *