RS PTN Unud Mulai Difungsikan Khusus Tangani Pasien Covid-19

 RS PTN Unud Mulai Difungsikan Khusus Tangani Pasien Covid-19

MANGUPURA – baliprawara.com

Mulai Selasa (7/3), RS PTN Unud mulai khusus menangani pasien Covid-19. Terkait hal itu, berbagai persiapan sudah dilakukan sebelumnya.

Terkait kesiapan, Direktur RS PTN Unud Dr. Dewa Putu Gede Purwa Samatra mengatakan, untuk ruang perawatan sudah siap sebanyak 12 kamar. Sementara untuk 30 kamar tambahan, diharapkan sudah siap pekan depan.

Meski sudah beroperasi, namun RS PTN Unud terus dibenahi. Karena, kata dia, eskalasi pasien belum bisa diketahui. “Sekarang ready 12. Mudah-mudahan minggu depan siap lagi 30,” katanya saat ditemui di area RS PTN Unud.

Untuk menangani pasien Covid-19, pihaknya berharap, jumlah kamar yang disiapkan saat ini sudah mendukung. “Mudah-mudahan seperti sekarang, untuk 12 dan 30, itu saja rasa sudah cukup. Bila pasien melebihi 50 orang, maka akan disiapkan lagi sampai 90-an kamar,” ucapnya.

Terkait jumlah dokter, RS PTN Unud memiliki 35 dokter spesialis lengkap. Namun yang penting dalam penanganan Covid-19 adalah dokter spesialis penyakit dalam, anak, bedah dan THT. Dibantu juga dari fakultas Kedokteran yakni tenaga dosen, residen yang siap sebanyak 30-an orang. 

“Semua dokter spesialis ada di sini untuk membantu percepat penanganan Covid. Untuk residen juga dibantu dari Fakultas Kedokteran,” terangnya. 

Untuk tenaga perawat, RS PTN Unud memiliki sebanyak 80-an orang. Namun, kata dia, jumlah ini masih kurang. RS PTN Unud kekurangan 100 tenaga perawat bila seandainya kasus Covid-19 meningkat signifikan. “Apabila seperti sekarang ini, jumlahnya sudah cukup,” katanya. (praw1)

See also  Cegah Penyebaran Covid-19, Babinsa Koramil Klungkung Berikan Himbauan di Pasar Kamasan

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *