Sebagian Besar PMI Belum Pulang ke Bali

 Sebagian Besar PMI Belum Pulang ke Bali

DENPASAR – baliprawara.com

Jumlah warga Bali yang menjadi pekerja migran Indonesia (PMI) khususnya di kapal pesiar diperkirakan lebih dari 20 ribu orang. Sampai sekarang belum seluruhnya yang pulang ke Bali.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Wayan Koster, Rabu (8/4), mengungkapkan, sejak 29 Maret sampai 7 April 2020, PMI yang sudah dipulangkan sebanyak 6.174 orang. “Nanti malam akan pulang dari Amerika sebanyak 601 orang,” imbuhnya.

Dijelaskannya, setiap hari ada saja PMI yang pulang ke Bali dari masing-masing negara tempat mereka bekerja atau menetap sementara. Sesuai prosedur, ketika tiba di bali mereka harus langsung mengikuti rapid test. Meski hasil tes negatif, masih ada prosedur yang harus mereka lalui.

“Yang negatif boleh pulang tetapi harus mengikuti karantina mandiri di rumah dengan disiplin, dan diawasi oleh Satgas Gotong Royong Desa Adat. Mohon agar masyarakat di desa adat/desa bisa menerima kepulangan warganya, tapi harus diawasi,” kata Koster.

Sementara bagi yang hasil rapid test-nya positif, mereka akan dibawa ke tempat karantina yang telah disediakan Pemprov Bali atau langsung dibawa ke RS rujukan. Khusus tempat karantina, total ada 4 lokasi dengan kapasitas total sebanyak 1.012 tempat tidur. (praw2)

See also  Delegasi Jamaica dan Filipina Terkesan Beras Merah Jatiluwih

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *