Tambah Lima Guru Besar, Unud Kini Miliki 146 Guru Besar

 Tambah Lima Guru Besar, Unud Kini Miliki 146 Guru Besar

Mangupura – baliprawara.com

UnuversitasUdayana (Unud), kembali mengukuhkan sebanyak lima guru besar Sabtu (18/1/2020) di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran. Pengukuhan ini dilakukan oleh Rektor Unud Prof. Dr. dr. A.A Raka Sudewi, Sp.S (K) yang dihadiri sejumlah undangan.

Dengan dikukuhkannya lima orang Guru Besar ini, jumlah Guru Besar yang dimiliki Universitas Udayana sebanyak 146 orang dengan ini rasionya telah mencapai 10 persen dari jumlah dosen. Unud saat ini masih memiliki doktor sebanyak 500 orang lebih yang bisa ditingkatkan ke jenjang akademiknya menuju jenjang akademik tertinggi. Target untuk tahun 2020, Unud bisa mencapai 12 persen jumlah Guru Besar dari seluruh dosen yang ada. “Untuk berikutnya tahun 2020 ini, akan ada lima orang guru besar lagi yang akan dikukuhkan,” kata Rektor Unud Prof. Dr. dr. A.A Raka Sudewi, Sp.S (K), ditemui usai pengukuhan.

See also  Sidang Promosi Doktor Yuli Astini, S.E., M.Ak. Prodi Doktor Ilmu Ekonomi FEB Unud

Raka Sudewi menyampaikan, dengan dikukuhkannya lima orang Guru Besar ini, jumlah Guru Besar yang dimiliki Universitas Udayana sebanyak 146 orang dengan ini rasionya telah mencapai 10 persen dari jumlah dosen. Pihaknya berharap, pasca pengukuhan Guru Besar ini, tentunya bisa menjadi motor penggerak untuk menggerakkan roda Tri Darma perguruan tinggi yaitu di bidang pendidikan, Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Mereka kami harapkan bisa memotifasi teman sejawat maupun juniornya untuk bisa mengikuti jejak mencapai pendidikan akademik yang tinggi,” harapnya.

 

Menurutnya, Guru Besar merupakan jabatan fungsional tertinggi bagi dosen dan tentu untuk mencapainya tidak mudah karena harus memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Salah satu persyaratan yang sering menjadi kendala adalah memiliki jurnal internasional bereputasi.

Kelima Guru Besar yang dikukuhkan yakni, Prof. Dr. dr. Ketut Suega, Sp.PD (KHOM) sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Biomedik pada Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. I Wayan Gede Gunawan, S.Si., M.Si sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Kimia Bahan Alam pada Fakultas MIPA, Prof. Dr. Ir. Sri Wahjuni, M.Kes sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Biokimia pada Fakultas MIPA, Prof. Dr. dr. I Wayan Putu Sutirta Yasa, M.Si sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Kedokteran Biomedik pada Fakultas Kedokteran dan Prof. Dr. Drs. I Made Oka Adi Parwata, M.Si sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Kimia pada Fakultas MIPA. (praw1)

See also  Tingkatkan Kolaborasi, Politeknik Negeri Bali Gelar Gathering dengan Guru BK dari SMA dan SMK se Bali

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *