Abrasi di Pantai Kuta, Menarik Perhatian Wisatawan

 Abrasi di Pantai Kuta, Menarik Perhatian Wisatawan

Kondisi abrasi pantai Kuta akibat ait laut pasang.

MANGUPURA – baliprawara.com

Kondisi abrasi di pantai Kuta akibat air laut pasang, ternyata juga menarik perhatian sejumlah wisatawan yang berkunjung ke ikon pariwisata Kabupaten Badung ini. Yang mana sejumlah wisatawan mancanegara ikut bergotong-royong memindahkan pasir untuk menutup kondisi pasir yang tergerus air laut, Sabtu 19 Oktober 2024.

Melihat antusiasme para wisatawan, Bendesa Adat Kuta, I Komang Alit Ardan merasa senang. Dia mengaku, jika aksi empat orang bule tersebut merupakan aksi seru-seruan membantu sambil membuat konten. Ia menilai, momen itu dijadikan sebuah kenang-kenang oleh wisatawan tersebut ketika nanti pulang ke negaranya.

Sejumlah wisatawan ikut bergotongroyong memindahkan pasir untuk menutup abrasi.

Abrasi yang terjadi di Pantai Kuta ini menurut Bendesa Adat Kuta, I Komang Alit Ardan, merupakan fenomena alam yang wajar. Terutama saat kondisi air pasang bertepatan dengan hari purnama. Dia mengungkapkan kalau kondisi ini tidak hanya terjadi di pantai Kuta saja, namun juga terjadi hampir semua pesisir Bali.

“Biasanya nantinya pasir yang tersapu air pasang ini, akan mengendap di satu titik setelah kondisi air surut. Untuk mengatasinya, kami bersama para pedagang pantai melakukan gotong royong untuk meratakannya,” kata Alit, Minggu 20 Oktober 2024.

Dari pantauan di lapangan, kondisi abrasi akibat air laut pasang ini, terlihat hampir di sepanjang bentang pantai kuta. (MBP)

 

See also  Abrasi Pantai Kuta Diharapkan Ada Penanganan Darurat

redaksi

Related post