Desa Adat Intaran, Ingatkan Masyarakat Gunakan Masker saat di Luar  

 Desa Adat Intaran, Ingatkan Masyarakat Gunakan Masker saat di Luar  

DENPASAR – baliprawara.com

Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, semua lapisan masyarakat harus turut aktif terlibat, jangan hanya mengandalkan pemerintah. Maka dari itu, elemen adat juga turut bergerak bersama, seperti yang dilakukan oleh pecalang Desa Adat Intaran yang tergabung dalam Satgas Gotong Royong Desa Adat Intaran yang gencar melakukan patroli mensosialisasikan penggunaan masker ke masyarakat 24 jam.

“Kami melakukan kegiatan ini bertujuan untuk memutus penyebaran virus Corona sehingga situasi Bali, Sanur khususnya bisa normal kembali,” kata Wakil Ketua Pecalang Desa Adat Intaran I Wayan Sura Darma, Kamis (16/4/), di Sanur.

Dalam sosialisasi penggunaan masker yang dilakukan oleh pecalang Desa Adat Intaran yang berlangsung di perempatan Pura Bale Agung Intaran, masyarakat yang ditemukan tidak mengenakan masker diminta memakai masker. Apabila tidak mempunyai masker, mereka diimbau balik ke rumah untuk mengambil masker.

“Masih banyak masyarakat yang bengkung. Padahal penggunaan masker saat berada di luar rumah wajib untuk memutus penyebaran virus Corona, selain rajin mencuci tangan serta berperilaku hidup sehat dan bersih,” jelasnya. 

Berkekuatan 39 orang yang terbagi dalam 2 shift, pecalang Desa Adat Intaran selain aktif melakukan sosialisasi penggunaan masker di jalan, juga rutin melakukan pemantauan penerapan social dan physical distancing keliling Desa Adat Intaran yang terdiri dari dua desa dinas yaitu Kelurahan Sanur dan Desa Sanur Kauh dengan 20 banjar. “Kami sudah siap dicemooh oleh masyarakat. Ada yang mengatakan kami kurang kerjaan, cukup upacara di pura saja dijaga, jangan ikut-ikutan ngurusin virus Corona, tetapi hal ini tidak akan menyurutkan langkah kami untuk bersama-sama dinas terkait memerangi virus Corona untuk kebaikan bersama,” ujar Sura Darma.

See also  Tangani Corona, Pemerintah Siapkan Dua Obat Ini

Para pecalang ini juga membagikan selebaran dan diberikan sosialisasi agar ikut bersama-sama melakukan pencegahan penularan virus Corona. “Kami berikan selebaran dan sosialisasi supaya bersama-sama mencegah penularan virus Corona dengan berperilaku hidup sehat dan bersih serta mengikuti imbauan pemerintah. Mari saling melindungi dengan menggunakan masker,” katanya. (MBP5)

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *