Erupsi Gunung Agung, Basarnas Lakukan Uji Pencarian dan Pertolongan

 Erupsi Gunung Agung, Basarnas Lakukan Uji Pencarian dan Pertolongan

Mangupura – baliprawara.com
Dari ruang komunikasi Kantor Basarnas Bali, ada informasi bahwa telah terjadi erupsi Gunung Agung hingga merubah setatusnya pada Siaga, Level III. Laporan tersebut segera direspon dengan mengerahkan 10 personil dengan membawa 2 unit truk angkut personil guna lakukan evakuasi. Sementara tim ke dua disiapkan untuk membangun Posko SAR dengan 15 orang personil.

Setelah beberapa lama, dari data Posko SAR Tanah Ampo, tercatat sebanyak 254 orang telah dievakuasi Basarnas. Sementara jumlah total yang telah mengungsi berjumlah 873 orang, termasuk diantaranya 5 orang WNA. Bahkan, ada beberapa korban yang alami cedera dan mendapatkan penanganan medis.

Evakuasi ini merupakan bagian dari uji pelaksanaan pencarian dan pertolongan di Denpasar, Rabu (18/12/2019). Yang mana, menurut Hari Adi Purnomo, S.H. sebagai Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, uji ini dibuat seolah-olah seperti kejadian sebenarnya. Sehingga dapat terlihat apakah SOP sudah berjalan dengan baik ataukah ada yang harus menyesuaikan. Selama berjalannya kegiatan, diturunkan sebanyak 3 unit truk angkut personil, 1unit rescue car type 1, 1 unit mobil komunikasi, 1 unit ambulance, 1 unit kendaraan peralatan milik Polda Bali.

See also  Badung Komit Mantapkan Pembangunan Sektor Pertanian dari Hulu Ke Hilir

Uji praktek pelaksanaan operasi SAR erupsi Gunung Agung tersebut kata dia, ditempatkan di lahan kosong depan Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar. Dalam uji tersebut tim SAR yang siaga di Posko Tanah Ampo terus menerus menerima permintaan evakuasi baik dari instansi terkait ataupun masyarakat langsung.

Pada kesempatan kali ini, tim uji dari Basarnas Pusat benar-benar memantau dan mengecek langsung alur proses operasi SAR penanganan erupsi. Tim penguji sudah dibagi dalam tugasnya masing-masing untuk memberikan penilaian serta melakukan check list di masing-masing posko yang didirikan.

Uji pelaksanaan Pencarian dan Pertolongan berlangsung sampai dengan pukul 14.15 Wita.
Di tempat berbeda tim SAR Basarnas Bali diuji tentang pergerakan Alut SAR dalam skenario penyelamatan warga yang terjebak di Nusa Penida karena gempa susulan erupsi Gunung Agung. RIB yang berada di Pelabuhan Benoa bergerak melakukan evakuasi, melibatkan tim rescue dan ABK KN SAR Arjuna 229.

Dari skenario yang ada, turut melibatkan potensi SAR dari BPBD, SAR Samapta Polda Bali, PMI, BMKG dan Relawan Radio 115. Usai giat tersebut, seluruh peserta melakukan briefing yang dipimpin langsung oleh Kasubdit Pengerahan Potensi dan Pengendalian Operasi SAR Basarnas, Agus Haryono, S.S., MBA.

See also  Bupati Giri Prasta Pimpin Penanaman Cemara Udang, Sumbangsih Megawati Soekarnoputri

Pihaknya menyampaikan bahwa secara keseluruhan kegiatan telah berjalan baik dan akan kembali dilakukan evaluasi bersama-sama. “Harus ada kesamaan persepsi dan pengetahuan tentang prosedur, sehingga semuanya yang hadir di sini menjadi lebih paham alurnya seperti apa, dan ini juga menjadi pertimbangan untuk di Basarnas Pusat,” katanya. (praw)

prawarautama

Related post

1 Comment

  • Wow, awesome blog format! How long have you ever been running a blog for?
    you make blogging look easy. The full glance of your site
    is wonderful, as well as the content material!
    You can see similar here sklep internetowy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *