Fasilitasi Kendaran Listrik, Tol Bali Mandara Dilengkapi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

 Fasilitasi Kendaran Listrik, Tol Bali Mandara Dilengkapi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Denpasar – baliprawara.com

Ekosistem mobil listrik khususnya di Bali saata ini memang belum berkembang secara signifikan. Namun, keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mulai disiapkan untuk memfasilitasi kendaraan listrik. Seperti yang disiapkan di Pool Ruas PT Jasamarga Bali Tol (JBT), atau pada akses masuk Jalan Tol Bali Mandara titik Benoa.

Menurut Direktur Utama PT JBT, Enkky Sasono Anas Wijaya, pembangunan SPKLU ini merupakan inisiatif dari mitra kerja PLN, yakni PT Opinteh Djojo Indo. Dikatakannya, pembangunan SPKLU tersebut merupakan langkah menyambut terbitnya regulasi, baik oleh Pemerintah Pusat ataupun Daerah.

“Regulasi dimaksud adalah Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan,” katanya disela peresmian SPKLU Selasa (28/1/2020).

See also  AHM Mulai Gelar Pelatihan di Fasilitas Safety Riding Park

Terkait regulasi tersebut, Gubernur Bali, menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih, dan Pergub Bali Nomor 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Diakuinya, fasilitas SPKLU tersebut saat ini baru ada satu. Namun kedepan, pihaknya berharap bisa terbangun di semua area pintu masuk Jalan Tol Bali Mandara. Namun kata dia, perlu dilihat terlebih dahulu penetrasi mobil listrik di Bali seperti apa.

Sementara, General Manager PT PLN Distribusi Bali, Nyoman Suwarjoni Astawa, mengatakan, untuk keberadaan kendaraan listrik di Bali memang belum banyak. Padahal kata dia, jika dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak, penggunaan kendaraan listrik cenderung lebih hemat.

Pihaknya memperkirakan, saat ini keberadaan sepeda motor listrik di Bali, sudah mulai banyak. Diperkirakan sudah mencapai angka 500 hingga 1000 unit. Hal itu diperkirakannya akan terus berkembang. Selain dengan JBT, pihaknya juga sedang menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Badung. Yakni berkaitan dengan rencana pembangunan SPKLU di Jalan Pantai Kuta. (praw)

See also  Skutik Besar Honda PCX160 dan Honda ADV160 Jadi Primadona GIIAS 2022

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *