Hand Sanitizer Produksi Unud Diyakini Aman untuk Kulit, Ini Penjelasannya

 Hand Sanitizer Produksi Unud Diyakini Aman untuk Kulit, Ini Penjelasannya

MANGUPURA – baliprawara.com

Koordinator Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Unud Dewa Ayu Swastini menjelaskan, hand sanitizer yang diberi merk UCare Bio-Hand Sanitizer buatan Prodi Farmasi Fakultas MIPA Unud, diyakini aman untuk kulit. Pasalnya produksi hand sanitizer berbahan dasar arak ini, dicampur dengan bahan alami yang tidak menyebabkan iritasi dan kulit kering. 

Dijelaskannya, proses produksi melibatkan laboran, staf ahli, dosen, dan dibantu mahasiswa yang dilakukan di Laboratorium Forensik Unud. Produksi hand sanitizer ini sekaligus upaya tanggap terhadap kelangkaan produk serupa di pasaran semenjak melonjaknya penyebaran Covid-19. “Karena kadarnya minuman beralkohol beda-beda, di sini kami distilasi dulu untuk menyamakan kadar,” katanya belum lama ini. 

Lebih lanjut dikatakan, untuk menghasilkan ramuan bio-hand sanitizer, alkohol hasil distilasi dicampur dengan vopidon iodine, minyak cengkeh, dan minyak mint. “Penggunaan hand sanitizer ini tidak menyebabkan iritasi dan kulit kering karena kadar alkoholnya yang kecil dan tambahan bahan-bahan alami tersebut,” terangnya.

Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan vopidon iodine bertujuan memperkuat efek membunuh virus. Bahkan, 0.2 persen vopidon iodine mampu membunuh virus hanya dalam waktu 4 detik. Penambahan minyak cengkeh dan minyak mint berfungsi sebagai anti bakterial, sekaligus penambah aroma. (praw1)

See also  Warga Surabaya Terpapar Omicron, Kadiskes Tegaskan Pasien Tak Tertular dan Tinggalkan Virus di Bali

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *