Jadi Mahasiswa Undhira, Cukup Rp 1.550.000,- Juga Gratis Biaya Pendaftaran

 Jadi Mahasiswa Undhira, Cukup Rp 1.550.000,- Juga Gratis Biaya Pendaftaran

MANGUPURA – baliprawara.com

Dalam masa pandemic Covid-19 ini, tak hanya sektor ekonomi yang terkena imbas, namun juga sektor pendidikan. Dengan lesunya ekonomi tentu membuat banyak orang tua mencari sekolah atau universitas yang memberikan keringanan bagi calon mahasiswanya. 

Seperti yang ditawarkan Universitas Dhyana Pura (Undhira) untuk penerimaan mahasiswa di tahun akademik 2020/2021. Undhira dalam hal ini memberikan berbagai kemudahan untuk calon mahasiswanya yakni dengan promo “Bangkit lawan covid 19” Undhira gratiskan biaya pendaftaran. Selain itu, untuk resmi menjadi mahasiswa Undhira, hanya cukul dengan Rp.1.550.000,-. 

“Untuk pelamar yang meraih rangking 10 besar di sekolah masing-masing berdasarkan raport, akan mendapat keringanan khusus. Yang rangking 1-3 juga mendapat keringanan plus,” demikian dikatakan rektor Undhira, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE.,MMA,M.A. di kampus Undhira, Rabu (13/5).

Dijelaskannya, Undhira pada tahun akademik 2020/2021 menyediakan kuota untuk 850 mahasiswa baru. Pendaftaran secara manual dan online telah dibuka sejak Februari 2020.Bagi siswa yang berprestasi diberikan keringan khusus.

Lebih lanjut dikatakan, Undhira memiliki keunggulan dari segi kurikulum yang digunakan yakni berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Yaitu perpaduan antara teori dan praktek yang ditetapkan oleh pemerintah, dengan perbandingan 70% teori dan 30% praktek untuk S1 dan 30% teori dan 70% praktek untuk Vokasi. Dengan ini tentu akan mampu mengisi peluang kerja yang ada, baik di dalam negeri maupun luar negeri. 

Sementara, dari segi fasilitas belajar, Undhira memiliki fasilitas Lab. Praktek yang lengkap yaitu Lab Restaurant, Lab Kitchen, Lab Bar, Lab Pastry, Lab Housekeeping, Lab Biologi (Lab Sains Dasar), Lab Konsultasi Gizi, Lab Kesehatan (Klinik dan Fisioterapi), Lab Komputer (Teknik Informatika & Sistem Informasi ) dan Lab Bahasa. Tidak hanya itu, untuk kenyamanan saat perkuliahan, juga disiapkan ruang kelas yang bersih, ber AC dan nyaman yang dilengkapi dengan fasilitas belajar. Lebih lanjut dikatakannya, Undhira juga memiliki fasilitas penunjang seperti Perpustakaan, Parkir luas, Fasilitas olahraga, internet (WiFi), Kantin Kampus bersih, dan Kebun yang hijau menjadikan suasana belajar yang nyaman. 

See also  “South Quay” The Newest Lifestyle Destination di Kuta, Dukung Industri Lokal Bali

Dari sisi SDM, undhira memiliki tenaga pengajar yang tingkat pendidikan S2 dan S3 dari berbagai disiplin ilmu seperti dokter, dokter spesialis, para praktisi hotel (Hotel Manager, Chef, Bar & Restaurant Manager, FO Manager, Chief Accounting), dan konsultan dari berbagai bidang profesi. Untuk meningkatkan kualitas dan lulusan Undhira, maka sudah dilakukan kerjasama dengan beberapa universitas dan lembaga lainnya baik dalam negeri maupun luar negeri seperti Hotel, Restaurant dan Bar berbintang di Bali, Rumah Sakit dan Klinik di Bali, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (HILDIKTIPARI). Selain itu juga menjalin kerjasama dengan lembaga lain seperti Asosiasi Universitas di Asia (ACUCA), Universitas Momoyama Gakuin Jepang dalam pengiriman mahasiswa, Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Kristen Indonesia (BK-PTKI) serta Heilbronn University Jerman.

Lebih lanjut dikatakannya, Undhira juga mempunyai lembaga sertifikasi profesi (LSP) Universitas Dhyana Pura, dimana merupakan sebuah lembaga yang dimiliki untuk melaksanakan proses assessment/sertifikasi terhadap semua lulusan mahasiswa Universitas Dhyana Pura. LSP ini kata dia, berada di bawah pengawasan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Pusat Jakarta. Dengan demikian para lulusan Universitas Dhyana Pura akan mendapatkan 2 pengakuan yaitu ljazah kelulusan studi dan sertifikat profesi dari lembaga sertifikasi profesi Undhira.

I Gusti Bagus Rai Utama menekankan, materi pembentukan karakter yang diberikan oleh manajemen Universitas Dhyana Pura kepada seluruh mahasiswa yang belajar di Universitas Dhyana Pura. Materi ini terdiri dari: Self Confidence, Integrity Pluralism, Intra-entrepreneurship, Servant Leadership, Professionalism dar Globally, Dengan demikian para lulusan Universitas Dhyana Pura akan memiliki karakter yang kuat dan dapat mengembangkan diri dalam bekerja, serta siap menjadi pemimpin-pemimpin yang professional.

See also  Evakuasi Nahkoda Kapal Star Gina 2 GR, Sempat terkendala Alun Tinggi

Untuk Undhira Bali memiliki tiga fakultas. Diantaranya, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Humaniora (FEBH) terdiri dari prodi S1 Manajemen, D4 Manajemen Perhotelan, D3 Manajemen Pemasaran Digital, S1 Akuntansi, S1 Pendidikan Guru SMK Pariwisata, S1 Pendidikan Guru PAUD, dan S1 Bahasa Inggris.

Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains (FIKS) terdiri dari S1 Fisioterapi, S1 Rekam Medis, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Gizi, S1 Biologi, dan S1 Psikologi. Sedangkan Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer (FTIK) mengelola prodi S1 Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Undhira juga memiliki prodi yang tergolong langka dan unik yakni Sarjana (S1) Rekam Medis. Dimana Para alumni prodi ini telah terserap di berbagai rumah sakit, baik negeri maupun swasta yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Untuk Kedepannya Undhira berencana mendirikan Prodi Magister Fisioterapi untuk memenuhi kebutuhan pasar, selain melengkapi S1 Fisioterapi yang telah ada di bawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains (FIKS). (MBP5)

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *