Libur Akhir Tahun, Kendaraan Luar Bali Padati Ruas Jalan di Badung Selatan

 Libur Akhir Tahun, Kendaraan Luar Bali Padati Ruas Jalan di Badung Selatan

Mangupura – baliprawara.com
Kondisi kepadatan lalulintas saat libur akhir tahun melonjak cukup drastis. Dibandingkan hari biasa, arus lalulintas (lalin) di sejumlah ruas jalan menuju ke kawasan destinasi wisata di Badung Selatan, mulai meningkat. Hal ini disebabkan karena, libur kali ini juga bertepatan dengan libur sekolah.

Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung, Tofan Priyanto, peningkatan volume lalulintas tersebut terjadi sejak tanggal 22 Desember 2019 lalu. Yang mana, kondisi yang paling terlihat yakni di sejumlah ruas seperti Kuta dan Kuta Utara. Dimana fokus kepadatan lalin terjadi di jalan menuju kawasan ke pantai, seperti jalan pantai Kuta, jalan Legian, Seminyak, Canggu dan Petitenget. “Memang imbas dari kemacetan tersebut berpengaruh kepada ruas jalan utama, seperti bypass Ngurah Rai dan jalan utama menuju ke arah kawasan wisata,” pungkasnya, Minggu (29/12/2019).

 

Kepadatan tersebut kata Tofan, dipengaruhi oleh masuknya banyak kendaraan berplat luar Bali, yang akan melakukan liburan di Bali. Bahkan kata dia, persentase perbandingnya sekitar 60 persen berbanding 40 persen. Yang mana, 40 persennya merupakan kendaraan luar Bali. Persentase ini kata dia lumayan tinggi jika dibandingkan sebelumnya dengan perbandingan 90:10 atau 80:20 persen.

See also  Bupati Giri Prasta Buka Musrenbang RPJPD Badung 2025-2045

Peningkatan kepadatan lalu lintas tersebut diprediksi akan terjadi hingga awal tahun 2020 nanti. Hal itu sejalan dengan masa libur sekolah yang berlangsung hingga awal tahun nanti. “Untuk titik-titik rawan macet itu tetap kita tempatkan petugas,” tambahnya.

Untuk mengatensi hal tersebut, pihaknya mengaku telah mengerahkan 165 personil. Dimana 140 orang di antaranya, difokuskan untuk mengatensi wilayah Kuta Utara, Kuta, dan Kuta Selatan. Selain itu pihaknya juga mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, terkait dengan pemantauan dan pengamanan wilayah. (praw1)

See also  Dipusatkan di Pasar Seni - Tsunami Shelter Kuta, Badung Bersiap Sambut Malam Pergantian Tahun 2024

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *