Pengaruh Angin Timur Australia, Musim Hujan Di Bali Diprakirakan Mulai November

Video prakiraan awal musim hujan di Bali.

Mangupura (Bali Prawara)-
Berdasar hasil analisis serta pertimbangan kondisi fisis dan dinamika atmosfer, yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan di Bali, diprakirakan mulai pada awal Novemver 2019. Musim hujan tahun 2019/2020, pada 15 Zona Musim di Bali diprakirakan mundur 10 hingga 30 hari. Hal itu diungkapkan Kepala Balai Besar MKG wilayah III Denpasar, Muhamad Taufik Gunawan, Rabu (11/9/2019) saat memberikan keterangan pers di kantornya.

Menurut Taufik, mundurnya musim hujan ini dikarenakan adanya kondisi dinamis, seperti masih kuatnya angin Timur atau monsun Australia. Dikatakannya, apabila dibandingkan dengan rata-rata awal musim hujan sebelumnya, di Pulau Bali diprakirakan mundur (lebih lambat) dari rata-ratanya. Padahal kata dia, biasanya di bulan Oktober sudah mulai masuk musim hujan, tapi ini mundur hingga awal November. Diperkirakan puncak musim hujan akan terjadi pada Januari – Februari 2020 mendatang.

Pihaknya mengimbau untuk musim hujan nantinya yang harus diwaspadai adalah banjir, longsor, dan angin kencang.“Kemunduran awal musim hujan bervariasi dan kita menghitungnya per 10 hari atau satu dasarian. Ada yang mundur satu sampai dua hingga tiga dasarian,” tambahnya.

Dijelaskannya, sebanyak 11 Zona Musim (ZOM), akan mengalami awal musim hujan antara bulan November dasarian II-III. Yang meliputi wilayah Jembrana bagian barat, Buleleng/Jembrana bagian utara, Jembrana/Tabanan bagian Selatan, Tabanan/Badung/Gianyar, Tabanan/Bangli bagian barat laut, Buleleng bagian utara, Bangli bagian utara, Karangasem bagian tengah, Gianyar bagian selatan, Klungkung bagian selatan, Karangasem bagian selatan, Tabanan bagian selatan, Badung bagian selatan dan Denpasar .

See also  Kasus Positif Covid-19 di Bali Bertambah 17 Orang, Satu WNI Meninggal

Sedangkan, sebanyak 4 ZOM, akan mengalami awal musim hujan antara Desember dasarian l-Il. Meliputi, wilayah Buleleng bagian barat, Buleleng bagian timur, Karangasem bagian utara, Karangasem bagian timur dan Nusa Penida. (praw1)

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *