Sambut Imlek, Warga Tionghoa Vihara Dharmayana Kuta Gelar Prosesi Tolak Bala

 Sambut Imlek, Warga Tionghoa Vihara Dharmayana Kuta Gelar Prosesi Tolak Bala

Mangupura- baliprawara.com

Iring-iringan umat keturunan Tionghoa dengan membawa sesajen berjalan mengelilingi jalan di kawasan Kuta, Jumat (24/1/2020). Ratusan umat dari Vihara Dharmayana Kuta ini mengikuti prosesi tolak bala menyambut tahun baru Imlek 2571.

Menurut Penangungjawab Vihara Dharmayana, Adi Dharmaja yang ditemui disela kegiatan mengatakan, pada prosesi ini, seluruh umat menggelar upacara di setiap persimpangan jalan di wilayah Kuta. Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini merupakan rangkaian menyambut tahun baru Imlek 2571. “Prosesi diawali dengan melaksanakan persembahyangan atau prosesi tolak bala di masing-masing pertigaan dan perempatan yang dimulali dari depan Vihara,” katanya.

Menurutnya, secara tradisi budaya Tionghoa prosesi itu bermakna agar di dalam menyambut tahun baru imlek 2571, bisa berjalan dengan penuh suka cita dan tidak ada aral melintang. Tahun baru Imlek 2571 tahun 2020 ini kata dia, merupakan shio Tikus Logam. “Tujuan dilakukan persembayangan tolak bala, persembayangan tutup tahun, agar perayaan tahun baru imlek ini berjalan dengan penuh suka cita,” terangnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, selain menggelar upacara tolak bala, prosesi ini diisi dengan tarian barongsai dan naga. Sebanyak lima Barong sai dan Naga tidak hanya ditarikan di area Vihara, namun juga ikut parade berkeliling kawasan Kuta. (praw1)

See also  Belum Sepakat Terkait Tapal Batas, Kuta dan Pemogan Akan Sandingkan Data Masing-masing

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *