Terjunkan Tim Promkes, Unwar Edukasi Tiga Desa di Payangan

 Terjunkan Tim Promkes, Unwar Edukasi Tiga Desa di Payangan

GIANYAR – baliprawara.com

Sebagai upaya Edukasi terhadap masyarakat Ditengah Pandemi Covid-19, Universitas Warmadewa (Unwar) yang bernaung di bawah Yayasan Kesejahteraan KORPRI Provinsi Bali membentuk Satuan Tugas (Satgas)Covid-19. Dalam hal ini turut melibatkan Bidan Promo Kesehatan(Promkes) yang pada tahap awal, satgas tersebut diterjunkan di  Kabupaten Gianyar, pekan lalu.

T.im promkes ini dalam menjalankan tugasnya, senantias berkoordinasi dengan kepala desa. Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahkan paket berisi masker dan Hand sanitizer.

Salah seorang anggota satgas dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unwar dr. Arie Purwana menjelaskan, satgas ini terdiri dari gabungan personel Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali.

Sementara kata dia, dari Fakultas Kesehatan Unwar, pihaknya turut tergabung satu tim dengan rekannya dr. Bayuningrat yang turun langsung ke tiga desa yakni Bukian, Puhu, dan Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar pekan lalu. “Dalam mengedukasi masyarakat, secara garis besar tujuan kami untuk meminimalisir kecemasan di masyarakat,” kata Arie, dikonfirmasi Selasa (21/4).

Diakatakannya, selama dirinya bersama tim menuju desa tujuan, masih banyak ditemukan masyarakat yang kurang disiplin. Seperti, masyarakat dalam Kerumunan massa, serta tanpa menggunakan masker. “Kami pantau masih banyak yang berkumpul lebih dari lima orang, tidak semua pakai masker dan tidak menjaga jarak aman,” akunya.

Ia pun menyayangkan sikap masyarakat yang masih kurang disiplin, padahal untuk memutuskan rantai penyebarluasan Covid-19 diperlukan kedisiplinan tingkat tinggi.

Selanjutnya, tim Berkeliling desa mengendarai mobil yang dilengkapi alat  pengeras suara,untuk memberikan sosialisasi “Karena kami tidak mungkin mengumpulkan massa, makanya kami pakai mobil berpengeras suara untuk menyamaikan  imbauan dan edukasi tentang kesehatan, utamanya pencegahan Covid-19,” imbuhnya. (MBP4)

See also  Update Covid-19 Kota Denpasar, Pasien Sembuh Bertambah 18 Orang dan Positif Bertambah 15 Orang

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *