Piodalan Pura Sakenan, Pemedek Diajak Ikut Jaga Kebersihan Terutama Sampah Plastik

 Piodalan Pura Sakenan, Pemedek Diajak Ikut Jaga Kebersihan Terutama Sampah Plastik

DENPASAR – baliprawara.com

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengajak masyarakat khususnya Kota Denpasar untuk tetap menjaga keharmonisan alam serta menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama sampah plastik. Hal itu disampaikannya saat usai melakukan persembahyangan Hari Suci Kuningan juga merupakan piodalan di Pura Sakenan, Desa Serangan, Kota Denpasar, Sabtu (29/2/2020).

“Kami harap masyarakat semakin sadar, jika penggunaan plastik akan merugikan kita sendiri. Jadi mari bersama-sama dalam kesempatan ini kita lakukan hal yang terkecil sehingga menimbulkan dampak yang luar biasa bagi kelestarian lingkungan,” ajaknya.

See also  Peluncuran Buku Informal Services In Asian Cities, Bambang Susantono Berharap Bisa Jadi Knowledge Sharing

Hal senada disampaikan Panglingsir Puri Kesiman yang juga Pangempon Pura Sakenan, AA Ngurah Gede Kusuma Wardana. Kusuma Wardana juga berharap kepada masyarakat yang hendak bersembahyang ke Pura Dalem Sakenan turut menjaga bersama kebersihan areal pura khususnya sampah plastik yang menjadi atensi bersama. Pengurangan penggunaan plastik ini kata dia, sudah menjadi komitmen selaku prawartaka dan pengempon sejak beberapa tahun lalu. Bahkan tahun ini, hal yang serupa juga kembali diterapkan bagi masyarakat.

“Masyarakat yang hendak tangkil nunas tirta dapat menggunakan sangku, toples, atau bumbung pakuluh sebagai sarana nunas tirta. Hal ini juga untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah kota Denpasar dan Bali dalam mengurangi penggunaan plastik,” harapnya sembari mengingatkan masyarakat.

See also  Begini, Metode Pembelajaran Bagi Penyandang Disabilitas di BRSPDSN Mahatmiya Bali

Sementara itu, Lurah Serangan, I Wayan Sukarma juga menyampaikan bahwa, sampah adalah tanggungjawab kita bersama. Untuk itu, sudah seyogyanya membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah sampah utamanya sampah plastik. “Kami menghimbau kepada masyarakat yang hendak pedek tangkil ke Pura Sakenan, bawalah tas ramah lingkungan dan jangan sesekali menggunakan plastik,” tegasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut mendampingi Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra yakni Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra, Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara,  Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara. Dan Penglingsir Puri Kesiman AAN Gede Kusuma Wardana. Ikut hadir juga Kabag Humas dan Protokol Dewa Gede Rai, Kabag Kesra Made Raka Purwantara, Camat Denpasar Selatan Wayan Buda serta OPD  terkait lainnya. (praw1)

See also  Sering Salah Fungsi, Trotoar di Sepanjang Bypass Ngurah Rai Kini Dipasangi Bolar

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *